15 Des 2009

Jilbab Kok Sexy??

Assalamualaikum wr. wb
Gambar-gambar pemakaian busana muslimah dapat dilihat di http://media-islam.or.id/2009/12/10/cara-memakai-busana-muslimahjilbab-yang-baik/

Alhamdullilah saat ini banyak wanita yang banyak memakai busana muslim. Ada yang sesuai dengan tuntutan agama dan ada pula yang meski memakai jilbab tapi jauhh dari ajaran agama islam.
Contohnya, ada yang memakai jilbab tapi jilbabanya tidak menutupi dada. Parahnya lagi, dia memakai kaus dan celana yang ketat sehingga lekuk tubuhnya terlihat jelas. Akhirnya tmbul keanehan memakai jilbab kok sexy ya?

Nah tulisan ini bukan untuk mengecam. Tapi untuk memberikan pencerahan agar kita tahu cara berpakaian yang benar menurut ajaran islam. Pakaian islam harus menutup seluruh aurat.

Aurat Lelaki
menurut ahli hukum ialah dari pusar hingga lutut. Aurat wanita pula ialah seluruh anggota badannya, kecuali wajah, telapak tagan, tapak kakinya. Rasullullah bersabda "paha itu aurat" (Bukhari).
Pakaian islam tidak boleh menampakkan tubuh dan jarang.

Dari Saidatina, Aisyah bahwa satu hari kakaknya Asma binti Abu Bakar datang menghadap Rasullullah SAW sedang ia berpakaian tipis (jarang). "Melihat keadaan itu, Rasullullah berpaling muka" (HR. Abu Daud)

Kadang ada pakaian yang meski menutup seluruh tubuh namun serat kainnya begitu jarang seperti kain kasa. Akibatnya tubuh dan warna kulitnya terlihat jelas seolah-olah telanjang.
Rasullullah bersabda "dua golongan ahli neraka yang belum pernah aku liat ialah satu golongan memegang cemeti seperti ekor lembu yang digunakan memukul manusia dan satu golongan wanita yang memakai pakaian tapi telanjang dan meliukkan badan juga kepalanya seperti bonggol unta yang tunduk. Mereka tidak masuk surga dan tidak dapat mencium baunya meski bau surga dapat dicium dari jarak jauh". (Muslim)

Pakaian juga tidak boleh ketat sehingga bentuk tubuh terlihat jelas. Pakaian juga tidak boleh bermegah-megahan atau bermewah-mewahan.
"bermegah-megahan telah melalaikan kamu" (At.Takatsur :1)

Pakaian tidak boleh berlebihan sehingga menimbulkan perasaan sombong atau congkak ketika memakainya. Contohnya sering kita melihat para bangsawan yang bajunya begitu mewah dan panjang sehingga terseret-seret di lantai, sementara dagunya menghadap keatas dengan rasa sombong.
Hadis riwayat Ibnu Umar ra, bahwa Rasullullah bersabda "allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan pakaiannya dengan sombong" (Shahih Muslim No.3887)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra, ia melihat lelaki menyeret kainnya, ia menghentakkan kakinya ke bumi, lelaki itu ialah pangeran Bahrain. Ia berkata, pangeran datang! pangeran datang! Rasullullah bersabda "sesungguhnya allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan kainnya dengan kecongkakan".(Shahih Muslim No.3893)

Jadi jika ada memakai pakaian mahal, dengan harga 5 juta sambil membanggakan pada temennya, niscaya itu sudah tidak islami lagi.

Seharusnya yang sederhana dan tidak berlebihan sehingga sisa uangnya bisa dipakai untuk sedekah membantu fakir miskin.

Pakaian lelaki harus berbeda dengan pakaian wanita. Tidak boleh lelaki berpakaian wanita, dan wanita berpakaian lelaki meski itu hanya memancing lelucon.
Rasullullah bersabda "Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki, dan lelaki meniru dan bersikap perempuan." (Bukhari & Muslim). baginda juga bersabda "Allah melaknat lelaki berpakain wanita dan wanita berpakaian lelaki" (Abu Daud & Al hakim). Wanita boleh berpakaian sutera tapi lelaki tidak boleh berpakaian sutera.

Rasullullah bersabda "janganlah kamu memakai sutera, sesungguhnya orang yang memakainya di dunia tidak dapat melihatnya di akhirat" (Mutaffaq'alaih)
Hendaknya jika keluar rumah para wanita menggunakan jilbabnya. "hai nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin; "hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian agar mereka lebih mudah untuk dikenal karena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah maha penyanyang dan maha pengampun. Hendaknya kerudung dipakai hingga menutupi dada.


"Katakanlah kepada wanita yang beriman : hendaknya mereka menahan pandangannya dan kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali pada suami dan putra-putra mereka, wanita-wanita islam, budak wanita atau budak lelaki. Dan jangnlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian pada Allah, hai orang-orang yang beriman semoga kamu beruntung" (An.Nur :31)


Dibawah ini contih pakaian muslim yang tidak sesuai dengan islam. Jangan sampai pakaian istri,anak perempuan dan saudara perempuan seperti ini.


Gambar 1 :
Kerudung tidak menutupi dada Allah berfirman "....dan hendaklah mereka menutupi kain kerudungnya ke dadanya" (QS. An.Nur :31)


Gambar 2 :
.) kerudung tidak menutupi dada
.) rok yang dipakai kurang panjang
menurut Imam Tarmizi, sabda Rasullullah "hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya"


Gambar 3 :
.) Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh.
Rasullullah bersabda "hendaklah kamu meminjamkan baju yang panjang dan longgar itu".
.) Make up yang sangat tebal.
Allah berfirman "wahai anak cucu adam, pakailah pakaianmu yang bagus pada tiap masuk mesjid, makan dan minumlah tapi jangan berlebihan. Sungguh allah tidak menyukai orang yang berlebian" (QS. Al'Araf : 31)
 
 
Gambar 4 :
.) kerudung tidak menutupi dada.
.) lengan blouse pendek.
.) rok yang dipakai pendek.
.) tidak pakai kaos kaki.
"dan katakanlah pada wanita beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan jangan menampakan perhiasan (aurat) kecuali yang bisa terlihat...."(QS. An.nur : 31)
 
 
Gambar 5 :
.) lengan blouse pendek.
.) tidak pakai kaos kaki.
.) rok yang dipakai berbelah di depan.
"barang siapa yang memakai pakaian yang mencolok mata, maka Allah akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti" (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibn. Majah)
 
 
Gambar 6 :
.) kerudung tidak menutupi dada.
.) pakaian ketat menampakan lekuk tubuh.
.) blouse yang dipakai pendek.
.) tidak pakai kaos kaki.
"sesungguhnya sebilangan ahli neraka ialah perempuan berpakaian telanjang yang condoong pada maksiat dan menarik orang tuk melakukan maksiat. mereka tidak akan masuk surga dan tidak mencium baunya" (Bukhari & Muslim)
 
 
Apakah cara berpakaian anda meski sudah menutupi tapi banyak salahnya??
Lalu bagaimana contoh berpakaian yang benar??
Rasullullah bersabda "bahwa anak perempuan jika telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan telapak tangannya hingga pergelangan" (Abu Daud).
 
 
Memang berat tuk mengenakan busana muslimah yang baik dan sesuai ajaran islam. Mungkin busana muslim yang baik itu seperti ibu-ibu, tidak modis, tidak seksi tapi itulah yang sesuai ajaran islam.
Dan menurutnya, banyak juga kok busana muslim yang baik tapi tetap terlihat modis dan anggun. Jika anda membeli busana muslim sebaiknya belilah sesuai petunjuk diatas.
 

Tidak ada komentar: