2 Apr 2009

MENIKAH TIDAK HARUS DENGAN CINTA

Ada yang mengatakan bahwa untuk membangun rumah tangga yang harmonis, hendaknya di pupuk dan dibina dulu rasa cinta di antara kedua calon suami istri. Akan tetapi ada juga yang berpendapat bahwa cinta kasih itu hendaknya dibina setelah akad nikah bukan sebelum menikah.
Setelah pelaksanaan akad nikah / berstatus sebagai suami istri, tiap muslim wajib berusaha membina dan melestarikan cinta kasih. Makna dari pernyataan Allah SWT dlam surat Ar-Rum : 21 "mengenai konsep keluarga yang ideal, Sakinah, Mawaddah, Warahmah adalah tentang pentingnya melestarikan dan memlihara rasa cinta dan kasih sayang di antara suami istri.
Setiap suami istri wajib berusaha dan berdoa agar dirinya senantiasa mencintai dan dicintai oleh pasangannya. Mereka wajib berusaha untuk menjauhi segala macam ucapan dan perbuatan yang dapat mengurangi rasa saling mencintai.
Membangun rasa cinta sebelum akad nikah (membangun cinta sebelum menjadi suami istri) tidak selalu menjadi ukuran dan tahapan yang mesti ada dalam membangun rumah tangga yang diharapkan. Ada orang yang membangun cinta kasih habis - habisan sebelum menikah, setelah menikah menghadapi semacam kebosanan sehingga mereka perlu mencari penyegaran dari luar. Juga tidak sedikit orang yang berhasil membangun keluarga yang ideal padahal dia tidak pernah merintis bangunan cinta sebelum resmi suami istri.
Walaupun demikian, ada juga seorang muslim berusaha membangun cinta kasih sebelum pelaksanaan akad nikah, tapi ia konsekuen mentaati rambu - rambu yang di ajarkan oleh islam, seperti berduaan, tidak berbuat sesuatu yang mendekatkan diri kepada zina, tidak pergi jauh disertai mahram, dan selalu mampu menundukkan pandangan.

1 komentar:

pelangi anak mengatakan...

ADA PENDAPAT YANG MENGATAKAN KALAU TIDAK CINTA BAGAIMANA BISA MENIKAH? TRUS, ADA JUGA PENDAPAT LAIN YANG MENGATAKAN, BAHWA CINTA BISA DATANG BELAKANGAN ALIAS MENYUSUL KETIKA IKATAN PERNIKAHAN TELAH MENDAHULUI.
KALAU SAYA PRIBADI, CINTA LEBIH DULU DIPUPUK BARU KEMUDIAN MENIKAH. KALAU TIDAK BEGITU BAGAIMANA BISA MEMANTAPKAN HATI KITA TERHADAP PASANGAN SUPAYA TIDAK MERASA SALAH PILIH DAN MENYESAL DI KEMUDIAN HARI,,,